top of page

SketchUp Free dari dasar hingga mahir



Assalaamu’alaikum.


Kabar gembira, saya baru saja merilis course SketchUp Free di platform Skillshare. Kalau Anda tertarik untuk bergabung anda bisa menggunakan link berikut ini:


SketchUp Free dari dasar hingga mahir = https://skl.sh/3HpDbC5


Di dalam online course ini, Anda akan mempelajari SketchUp for Web dari dasar sekali kemudian naik bertahap hingga ke tingkat mahir. Kurikulum dari online course ini saya rancang dengan sangat teliti untuk memaksimalkan efektivitasnya. Hanya dalam waktu sekitar 7 jam, in sya Allah, Anda dapat menguasai secara mendalam semua tools yang tersedia dan bahkan mampu membuat desain rumah dari awal hingga akhir.


Apa saja yang akan Anda pelajari


Ada banyak sekali hal yang akan Anda pelajari di dalam online course ini. Terlalu banyak untuk dijelaskan satu persatu di dalam artikel yang pendek ini. Untuk melihat rinciannya, Anda bisa membuka link di atas dan membuka bagian kurikulumnya. Saya akan jelaskan secara garis besarnya saja di blog ini. Online course ini terdiri dari 9 chapters, di luar dari chapter perkenalan.


Di chapter pertama, Anda akan belajar antarmuka SketchUp Free dan juga berbagai fungsi dasarnya. Anda akan belajar mengimpor model dari 3D warehouse. Lalu belajar cara melakukan navigasi, dan menggunakan berbagai jenis "views". Kemudian, Anda juga akan belajar cara menggunakan fitur "scenes". Dan dilanjutkan dengan membahas cara mengubah tampilan model menggunakan "Styles". Setelah itu, kita akan membahas berbagai perintah yang berhubungan dengan files. Dan juga belajar cara membuat "custom shortcut".


Pada chapter yang kedua, Kita akan membahas teknik-teknik 3D modeling dasar. Kita akan mulai dengan mempelajari line tool. Kemudian membahas konsep dan fitur "inference" yang ada di SketchUp. Setelah itu kita akan membahas "Rectangle" tool. Lalu membahas salah satu tool terpenting di SketchUp yaitu "push pull" tool. Di chapter ini juga, kita akan membahas berbagai teknik seleksi objek. Dan teknik untuk menghapus objek. Yang terakhir kita akan membahas cara menggunakan "offset" tool.


Chapter yang ketiga, adalah chapter khusus untuk latihan. Pertama kita akan modeling objek "planter box". Kemudian membuat model objek kabinet. Setelah itu kita akan coba membuat 3d model rumah kucing atau anjing.


Di chapter yang keempat, kita akan fokus ke teknik-teknik manipulasi dan juga manajemen objek yang tersedia di SketchUp Free. Ada banyak hal yang akan kita bahas di chapter ini. Beberapa di antaranya adalah teknik transformasi objek dari yang dasar hingga teknik lanjutannya. Kemudian, belajar cara menggunakan "tags" untuk mengelola objek dengan lebih mudah dan cepat. Selanjutnya Anda akan belajar berbagai teknik duplikasi. Lalu cara mengelompokkan objek baik dengan metode dasar "group" maupun dengan metode lanjutan menggunakan "component".


Pada chapter yang kelima, kita akan membahas berbagai teknik modeling tingkat lanjut. Anda akan belajar menggunakan "Rotated rectangle". Belajar seluk beluk "circle" tool dan "polygon" tool. Lalu belajar konsep dan teknik penghalusan permukaan objek. Kemudian, Anda akan belajar cara menggunakan "Freehand" tool dan juga "Arc" tool. Lalu membuat teks 3 dimensi. Dan yang terakhir belajar menggunakan "follow me" tool.


Chapter yang keenam, adalah chapter khusus latihan 3D modeling. Kita akan menggunakan teknik-teknik tingkat lanjut yang dibahas di chapter sebelumnya. Kita mulai dengan modeling meja tamu. Kemudian belajar membuat gerbang klasik. Lalu belajar cara modeling pilar persegi. Selanjutnya kita akan membahas membuat pintu dua sisi. Dimulai dengan membuat kusen, lalu daun pintunya. Dan yang terakhir membuat kenop pintunya. Selanjutnya Anda akan belajar membuat model buku. Proyek terakhir di chapter enam adalah membuat tangga dan juga railing-nya. Anda akan belajar metode yang sederhana tapi efektif untuk mengatur jumlah anak tangga tanpa melakukan perhitungan yang kompleks secara manual.


Chapter yang ketujuh, adalah chapter yang difokuskan membahas teknik-teknik pengukuran dan pemberian anotasi. Di sini Anda akan mempelajari "Tape measure" tool, kemudian juga "protractor" tool. Selanjutnya, Anda akan belajar berbagai metode untuk memberikan label seperti untuk dimensi atau sekadar komentar. Kemudian, kita akan membahas cara membuat potongan pada 3D model kita dengan menggunakan "section plane". Dan terakhir, belajar cara membuat "custom axis".


Di chapter yang kedelapan, Anda akan belajar menggunakan material dan tekstur. Selain belajar menggunakan materials yang disediakan oleh SketchUp, Anda juga akan belajar membuat material dan tekstur sendiri. Setelah itu kita akan membahas berbagai metode manipulasi tekstur yang sudah melekat pada permukaan objek, baik itu permukaan yang datar maupun permukaan yang melengkung.


Di chapter yang terakhir, yaitu chapter sembilan. Kita akan membuat proyek akhir berupa rumah satu lantai. Kita akan mulai dari mengimpor gambar referensi. Kemudian membuat temboknya. Menambahkan jendela dan juga pintunya. Kemudian membuat lantai, area taman, dan juga carport. Kita akan membuat atap yang modelnya bertumpuk. Lalu membuat kanopi besar yang menutup teras dan juga area carport. Dan yang terakhir menambahkan beberapa ornamen fasad. In sya Allah, Anda akan mampu membuat model rumah sendiri bila Anda mengikuti course ini dengan seksama dari awal hingga akhir.


Jadi, jangan tunggu lagi. Bergabunglah dengan online course ini sekarang dan tingkatkan kompetensi Anda di bidang rancang dan bangun.


Hormat,

Widhi Muttaqien

(exposeacademy.com)




bottom of page